Senin, 26 April 2010

Berpergian ke Luar Angkasa Jadi Lebih Awet Muda ?!

Mau memperlambat penuaan atau ingin awet muda? Pergi saja ke luar angkasa. Konon perjalanan ke luar angkasa bisa membuat umur kita melambat.
Ini karena setiap kali seseorang pergi ke luar angkasa, perhitungan umurnya lebih lambat jika dibandingkan dengan umur mereka yang tinggal di bumi. Jadi sekembali astronot ke bumi, bisa di bilang mereka awet muda jika dibanding orang yang sebaya.
Fenomena perlambatan waktu ini dijelaskan oleh teori yang muncul dari seorang maha fisikawan, Albert Einsten. Apalagi kalau bukan melalui teorinya yang terkenal, teori relavitas. Berpangkal dari teori relavitas umum (E=mc2), kemudian berkembang juga teori Special Relavity (SR), atau teori relatifitas khusus.
Menurut teori ini, jam di dalam sebuah pesawat luar angkasa yang bergerak cepat akan berjalan lebih lambat daripada jam yang diam ditempat. Ini berlaku pada semua “jam” dari jam mekanis, jam atomis, dan jam biologis.
Sebagai contoh, sebuah jam di pesawat ruang angkasa yang bergerak pada 99 persen kecepatan cahaya akan maju tujuh kali lebih lambat daripada jam yang diam. Ini berarti, seorang astronot bertambah tua lebih lambat dari pada mereka yang tetap di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar